Sambal Tumpang di Warung Pecel Bu Kis khas Solo

Sambal Tumpang di Warung Pecel Bu Kis khas Solo – surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo termasuk salah satu kota tujuan wisata yang populer di Jawa. Solo memang menjanjikan tak hanya wisata sejarah dan budaya, tapi juga sekian tempat hiburan modern yang bisa dikunjungi beserta beragam kuliner yang enak untuk dicoba.Yup, ragam makanan khas Solo memang luar biasa banyak. Saat traveling ke Solo, nggak perlu bingung mau makan apa atau dimana, nih Hipwee kasih ulasannya tentang rekomendasi kuliner di Solo.

Sekilas Warung Pecel Bu Kis nampak seperti warung-warung pecel lainnya. Namun, warung pecel ini punya satu menu andalan: sambel tumpang. Punya cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas, sambal tumpang nikmat disantap dengan nasi hangat atau bubur beras yang ditambah bayam segar dan tauge.

Paduan irisan tahu putih, tahu goreng, krecek, rempah-rempah dan ‘tempe busuk’ sebagai bumbu memang luar biasa sedap.

Sambal Tumpang di Warung Pecel Bu Kis khas Solo

Ada Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis. Di daerah belakang kantor Pengadilan Solo. Tepatnya di Jalan Gleges, Priyobadan Solo. Lokasinya tidak jauh dari THR Sriwedari, Hotel Dana atau Batik Danarhadi. Jadi jika sedang menyusuri kota Solo di area ini bisa mampir mencicipi kulinernya Solo, Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis.
Warung Nasi Pecel Bu Kis ini warung sederhana menyediakan Nasi Pecel dengan berbagai aneka lauk. Mulai Babat, Empal, Telor, Ayam hingga aneka jeroan makin menambah selera makan. Sambel pecelnya di warung ini merupakan sambel khas cita rasa Solo. Tidak terlalu pedas, namun lebih dominan manis. Paduannya dengan sayur segar daun pepaya, bayem, kembang turi, kenikir, toge, dan kol disiram sambel kacang.
Menu lain yang juga istimewa ada Sambel Tumpang. Sambel Tumpang ini bukan sambel yang diolah dan disajikan dengan cobek, melainkan diolah menjadi sayur berkuah santan. Santan dimasak dengan tempe semangit, atau tempe yang hampir busuk. Wiiih kok gitu banget ya? Jangan salah kira dulu, tempe busuk yang dimaksud bukan tempe tidak layak konsumsi, tetapi tempe yang sudah terlihat agak menghitam dan berbau mirip terasi. Apalagi ada tambahan krupuk rambak yang dimasak bersama santan (cecek), sambel, dan tempe. Paduan yang endes. Katanya sih yang bikin enak dan istimewa ya bahan tempe semangit ini. Meski demikian, rasanya perlu dicobain, bakalan ketagihan malah.
Selain pecel dan sambel tumpang, ada juga menu kuliner khas kota Solo lainnya seperti Selat Solo, Gudangan & Trancam (urap khas Solo), dan Tahu Acar.

👉 TRENDING :   Harga Dan Spesifikasi Vivo Y75 5G

Alamat Warung Pecel Bu Kis

Jl. Gleges, Priyobadan, Solo (belakang Pengadilan Negeri Solo) Warung Pecel Bu Kis buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Letaknya tepat di belakang Pengadilan Negeri Solo dan dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah